04 July 2007

IPK > 3 TAPI KOK???

Sebelumnya Gw minta maaf bila ada yang tersinggung dengan adanya artikel ini, gw hanya bermaksud untuk mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi dengan kehidupan kampus saat ini.

Apakah IPK bisa menentukan bahwa mahasiswa tersebut Punya Keahlian atau tidak ? menurut gw sih jawabanya "TIDAK" (dibaca keras-keras). kenapa tidak???

Gini nih gw punya cerita :
"Alkisah ada seorang Mahasiswa Informatika Yang mempunyai IPK > 3,50-an sedang ingin mengambil PKL (Praktik Kerja Lapangan) disebuah Perusahaan besar terkenal, karena melihat Nilai yang rata-rata "B+" dan tidak jarang juga "A", Si mahasiswa tadi langsung diterima PKL di Perusahaan tersebut. Tapi setelah kira-kira 1 bulan PKL di Perusahaan tersebut kinerjanya pun dipertanyakan, kira-kira begini nih kejadiannya, ketika itu perusahaan tersebut meminta si Mahasiswa tersebut untuk mempercantik halaman Web-nya, tapi apa jawaban mahasiswa tersebut " maaf pak saya gak bisa bukan bidang saya, saya gak ngerti tentang web", alasan ini mungkin cukup diterima walaupun agak tidak masuk akal (mahasiswa Universitas terkenal semester 5, Html pun gak ngerti???), tapi ada kasus yg cukup memalukan dan mencoreng nama dari Universitas mahasiswa tersebut, ketika itu ada sebuah komputer di perusahaan yang lagi trouble dan harus diinstal ulang Sistem Operasinya, jadi karena staf TI perusahaan tersebut lagi sibuk, maka staff tersebut minta tolong ama mahasiswa tersebut, tapi lagi-lagi jawabanya " Maaf pak saya gak bisa ", GEDUBRRAK.... kalau tadi yang diinstal Linux or BSD si staff tadi mungkin maklum tapi ini "WINDOWS".........

Cerita diatas adalah sebuah kisah nyata (bener lho...gak dibuat-buat), dan masih banyak cerita2 yang lain dan hampir serupa (mulai yang dari gak bisa masang harddisk, bingung berapa Kapasitas RAM yg dipakai di kompinya, sampai Ga bisa Install Aplikasi berbasis windows)....

Mengapa bisa begini???
Menurut yang saya amati, kebanyakan yang terkena kasus diatas, mereka hanya mengejar dan ingin memperoleh nilai bagus dan kegiatan sehari-hari di kampus hanya Kuliah-Pulang-Kuliah... tidak dibarengi dengan kegiatan lain misal Organisasi, Belajar Hal lain,dll.

Tetapi Gak semua Mahasiswa yang IPK > 3,0 seperti itu lho... buktinya gw punya temen yang Naudzubillahhimindzallik Pinternya tapi juga mempunyai kemampuan yg luar biasa

Tapi kalo anda tanya saya..????? Busyet saya mah selain IPK pas-pasan Ilmu juga belajarnya setengah-setengah,wakakakakakak

1 comment:

Anonymous said...

sebenere itu bukan masalah koq! but sstt... jgn bilang sapa2 yak! kalo aku bilang ipk emang buat lulus kok *bahasa aluse kemampuan dalam hal menulis di kertas ujian dan mengetik(buat anak teknik)*, bukan buat menilai keterampilan seseorang ;)
're you ready to make a change?