06 December 2006

PHP Vs JSP

Waktu gw baru masuk semester ganjil tahun ini, gw begitu bersemangat karena aq akan mengambil mata kuliah (MK) Pemograman Internet, yang dalam pikiranku nantinya akan mempelajari pemograman web paling populer yaitu PHP, sebelum mata kuliah tersebut dilaksanakan jauh2 hari, gw udah nyiapin berbagai referensi yg mendukung Mulai dari e-book yg berbahasa Indonesia sampai bahasa Inggris (download tentunya), dan berbagai buku yg aq beli di toko buku.

Begitu MK tersebut mulai diselenggarakan, pada kuliah perdana dosen tersebut mulai menerangkan struktur dasar HTML, penjelasan sedikit tentang internet, dsb.Dan gw masih ingat kata2 beliau : "Untuk Membuat Web Page dan aplikasi web yg dinamis kita akan memakai JSP sebagai Pemogramannya.

Jeger!!!!,dunia serasa mau runtuh dan lidah terasa kaku (terlalu didramatisir) gw udah ga bisa ngomong apa2, aq juga jd bingung kenapa bukan PHP? trus mau dikemanain refernsiku? kan tahun lalu kata kakak tingkat Pemograman Internetnya pakai PHP, tapi mengapa JSP???, sambil pusing n bingung aq mulai bertanya ama pak dosen, begini nih bentuk percakapan kami :

Udi : "Pak mengapa bukan PHP yang dipelajari?"
Dosen : "Karena PHP tidak sepenuhnya OOP (Object Oriented Programming)"
Udi : "Tapi menurut yg saya baca di Internet PHP 5 udah OOP"
Dosen : "Iya, tapi apakah ada yang bisa menjamin PHP benar2 OOP, bukannya java udah terbukti OOP, sambil berbicara beliau juga memperlihatkan keunggulan JSP atas bahasa pemograman web yg lain yg dapat dilihat melalui tabel di bawah ini" :

Perbandingan JSP dengan sistem dan bahasa pemrograman web lain :

Photobucket - Video and Image Hosting

Dalam benakku aq berkata: "gw hrs membuktikan ucapan beliau" (maaf yah pak, namanya juga MHS Informatika)
Ketika gw mulai mempelajari PHP Kemudahan yang kudapat adalah :
  1. Kemudahan Instalasi, Dalam hal ini cukup menginstal XAMPP maka didalamnya udah termasuk: PHP5, MySql, N Apache.Hal ini tidak didapatkan di JSP yg harus menginstal satu persatu.
  2. Banyaknya komunuitas Forum lokal yang dapat dengan cepat menjawab pertanyaan bila kita menemui kebuntuan. sampaisaat ini jumlah forum lokal(indonesia) untuk JSP terbilang sedikit.
  3. Banyaknya Referensi Yang mendukung, saat ini referensi untuk JSP bisa dibilang tidak sebanyak PHP.
Tapi bukan berarti PHP itu mudah lho!, sekarang aja gw baru mempelajari untuk koneksi kedatabase

Untuk konsep OOP nya gw harus mempelajari dulu yang mana lebih simpel n unggul, bila gw udah memahami konsep OOP
kedua bahasa pemograman tersebut, gw akan mempostingnya lagi (Insya Allah).

Note : Kata ini kuambil dari dosen Visual Basic ku : "Semudah Apapun Bahasa pemograman, akan menjadi sulit bila kita ga mau berusaha mempelajarinya"

3 comments:

Anonymous said...

anak tarakan yah ;;), alumni sman2 yah ;;) bikinin situs buat sman2 donk ;;) mari berkarya ;)

Anonymous said...

alumni sman2 tarakan yah??? bikinin website buat almamaternya donk ;;) jangan lupa, sebagai anak tarakan, agar mencintai bumi paguntaka, misalnya menambahkan link tarakan di blog ini. baik milik pemerintah, swasta dan dunia pendidikan, setidaknya bisa mempromosikan tarakan ke dunia maya. bukan begitu friend ;;) met belajar dan sukses selalu. salam paguntaka by ardiz

Anonymous said...

spt kata dosen kita, masa depan JSP bagus! So, keep on fighting...!!!!